https://penyakit-wasir-tanda-penyebab-dan-cara.html/google9fcb06ffb70b4a14.html https://penyakit-wasir-tanda-penyebab-dan-cara.html/google9fcb06ffb70b4a14.html Penyakit Wasir: Tanda, Penyebab Dan Cara Mengobatinya | Cara Mengobati Wasir Berdarah

Minggu, 12 Agustus 2018

Penyakit Wasir: Tanda, Penyebab Dan Cara Mengobatinya

Penyakit Wasir: Tanda, Penyebab Dan Cara Mengobatinya


Apa Itu Wasir?

Penyakit Wasir: Tanda, Penyebab Dan Cara Mengobatinya - Wasir atau Ambeien adalah pembengkakan pada pembuluh darah vena  yang terdapat pada anus di mana bibir anus mengalami bengkak yang kadang disertai pendarahan.


Pada penderita wasir umumnya sulit untuk duduk dan buang air besar karena terasa sakit apabila bibir anus atau sphinchter anus mendapat tekanan. Pada penderita wasir parah terkadang sulit diobati sehingga bisa diberi tindakan operasi pengangkatan wasir yang bisa memberi efek samping yang terkadang tidak baik. Oleh sebab itu wasir perlu diwaspadai dan ditangani dengan baik agar mudah diobati. 

Berdasarkan tempat terjadinya, wasir ini dibedakan menjadi dua jenis:

1. Wasir Internal
Adalah  pembengkakan terjadi dalam rektum sehingga tidak bisa dilihat atau diraba. Pembengkakan jenis ini tidak menimbulkan rasa sakit karena hanya ada sedikit syaraf di daerah rektum. Tanda yang dapat diketahui adalah pendarahan saat buang air besar.

2. Wasir Ekternal
Adalah ambeien yang menyerang anus sehingga menimbulkan rasa sakit, perih, dan gatal. Jika terdorong keluar oleh feses, ambeien ini dapat mengakibatkan penggumpalan (trombosis), yang menjadikan ambeien berwarna biru-ungu.

Stadium Wasir

Dr. Ari Fahrial Syam dari Divisi Gastroenterologi Departemen Ilmu Penyakit Dalam Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia mengatakan, tingkat keparahan wasir dibagi menjadi 4 stadium, sebagai berikut.

Stadium 1: Mulai terjadi pembesaran vena di anus. Ukurannya masih kecil sehingga biasanya belum menimbulkan gejala apapun. Baru bisa terdeteksi ketika diperiksa dengan endoskopi. Namun terkadang sudah mulai menimbulkan rasa tidak nyaman saat buang air besar (BAB).

Stadium 2: Pembesaran vena sudah mulai dapat teraba, bisa keluar dari anus dan masuk kembali secara spontan, namun belum ada pendarahan. Terkadang terjadi infeksi yang mengakibatkan rasa panas dan gatal di anus. Kemungkinan rasa panas meningkat saat duduk terlalu lama dan BAB.

Stadium 3: Pembesaran vena lebih sering keluar dari anus, bahkan sudah tidak mampu dimasukan kembali secara spontan. Maka untuk memasukkannya diperlukan bantuan jari. Dapat menimbulkan rasa panas saat duduk terlalu lama ataupun BAB. Saat terjadi kontraksi, vena yang membesar bisa pecah dan menimbulkan pendarahan.


Stadium 4: Pembesaran vena sudah tidak dapat dimasukan kembali, meskipun dengan bantuan jari. Pendarahan terjadi semakin sering lantaran vena yang semakin membesar, sehingga mungkin dapat membuat penderitanya kekurangan darah atau penurunan hemoglobin (HB).
Keempat stadium wasir tersebut, tutur Ari, membutuhkan perawatan dan pengobatan yang berbeda. Namun secara umum, pengobatan wasir terdiri dari penyuntikan, pengikatan, dan operasi.

Apa Saja Tanda Tanda Wasir?

Wasir bisa ditandai dengan mengenal gejala gejalanya. Wasir kemungkinan besar terjadi pada orang orang yang kebanyakan duduk dan dehidrasi. Berikut tanda tanda terkena wasir:

  • Pendarahan setelah buang air besar.
  • Warna darah berwarna merah terang.
  • Terdapat lendir setelah buang air besar.
  • Benjolan tergantung di luar anus. 
  • Benjolan ini biasanya harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar.
  • Pembengkakan, rasa nyeri, dan kemerahan di sekitar anus.
  • Mengalami gatal-gatal di sekitar anus.

Jika anda mengalami tanda tanda seperti itu segeralah cek ke dokter dan lakukan pemgobatan sedini mungkin.


Apa Penyebab Wasir?

Wasir ini bisa disebabkan oleh pola hidup tidak sehat dan pola makan yang tidak teratur.
Berikut kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan wasir:

  1. Kebiasaan buang air besar yang tidak teratur (konstipasi atau diare)
  2. Kurang olahraga
  3. Faktor nutrisi (diet rendah serat)
  4. Peningkatan tekanan intra-abdomen (kembung berkepanjangan
  5. Genetik (faktor keturunan)
  6. Usia lanjut
  7. Obesitas
  8. Duduk dalam jangka waktu lama
  9. Batuk kronik
  10. Gangguan fungsi dasar panggul
  11. Kehamilan, tekanan dari fetus pada abdomen dan perubahan hormonal menyebabkan pembuluh hemoroid membesar

Pecegahan Terhadap Wasir
Wasir bisa dicegah dengan menjaga pola hidup dan makan seperti:
  • Meminum banyak air putih.
  • Kurangi mengonsumsi kafein dan minuman beralkohol.
  • Menambah asupan serat di dalam makanan: buah, sayuran, beras merah atau beras cokelat, biji-bijian, kacang-kacangan, dan biji-bijian utuh.
  • Tidak menunda untuk buang air besar. Sebaliknya, jika mengabaikan dorongan untuk buang air besar, bisa membuat tinja keras dan kering hingga memaksa kita harus mengejan saat buang air besar.
  • Berolahraga secara teratur: Bisa mencegah terjadinya konstipasi, menurunkan tekanan darah.
  • Menurunkan berat badan.
  • Menghindari obat-obatan yang menyebabkan konstipasi seperti obat pereda rasa sakit yang mengandung kodein.

Pengobatan wasir

Obat alami yang mampu menyembuhkan wasir antara lain:
  1. Pisang Batu dan Daun Jambu Biji.
  2. Daun Sirsak. Khasiat daun sirsak ini mampu menyehatkan pembuluh darah vena dan pembuluh darah di seputar anus. sehingga dapat dimanfaatkan sebagai Cara Mengobati Wasir Secara Alami.
  3. Banyak mengkonsumsi buah. Penyakit wasir ambeien ini disebabkan karena kurangnya asupan serat, maka anda seharusnya lebih banyak mengkonsumsi serat misalnya pisang, sirsak,jambu biji,dan juga pepaya.
  4. Daun sosor bebek. Menurut sebuah penelitian, sosor bebek adalah jenis tumbuhan yang mengandung air dan dapat digunakan untuk meringankan penyakit ambeien.
  5. Akar Kangkung. Selain dimanfaatkan daunnya ternyata akar kangkung juga dapat dimanfaatkan sebagai Cara Mengobati Wasir Secara Alami.
  6. Daun pepaya muda. Daun pepaya sudah dipercaya dapat mengobati penyakit ambeien,tetapi rasanya yang sangat pahit membuat anda tidak mau memasaknya. Anda bisa menghilangkan rasa pahit dengan cara mencuci serta meremas menggunakan garam.
  7. Lidah Buaya. Jika Anda merasakan gejala ambeien,Anda bisa mencegahnya sesegera mungkin dengan menggunakan daun lidah buaya yang dibuat olahan teh ataupun ramuan.
  8. Kulit Manggis. Manggis terkenal sebagai raja penyembuh berbagai penyakit. Kulitnya pun mampu menyembuhkan dan mengobati pendarahan saat buang air besar. Kulit manggis dapat menyehatkan pencernaan, menyehatkan usus besar, melancarkan buang air besar dan menyehatkan pembuluh darah vena seputar anus.
Sekian informasi mengenai Wasir, Tanda tandanya, Penyebab Dan Cara Pengobatannya. Untuk informasi lebih lanjut, anda bisa konsultasi ke dokte. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan terima kasih.


Artikel lainnya:





Tidak ada komentar:

Posting Komentar