https://penyakit-wasir-tanda-penyebab-dan-cara.html/google9fcb06ffb70b4a14.html https://penyakit-wasir-tanda-penyebab-dan-cara.html/google9fcb06ffb70b4a14.html Jenis Makanan Yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir | Cara Mengobati Wasir Berdarah

Minggu, 19 Agustus 2018

Jenis Makanan Yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir

Jenis Makanan Yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir 



Wasir merupakan suatu penyakit yang lumrah dirasakan banyak orang. Mereka menganggap penyakit wasir ini adalah masalah biasa. Tapi jangan salah, wasir ini penyakit yang menyiksa penderitanya dan membuat tidak nyaman.

Wasir merupakan penyakit yang terjadi disekitaran anus. Pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus adalah wasir karena pembuangan yang tidak lancar. Pola makan yang buruk dan tidak teratur adalah penyebab utama wasir. Oleh karena itu, bagi penderita ataupun yang belum merasakan, memperhatikan pola makan adalah kunci untuk sembuh dan pencegahan terhadap wasir.

Agar sembuh dari wasir kita harus makan makanan yang sehat dan bergizi contoh sayur buah dan lain lain. Tapi agar wasir sembuh, tidak semua makanan itu baik bagi penderita wasir. 

Baca Juga: Pantangan Makanan Bagi Penderita Wasir

Dalam artikel ini, saya akan informasikan Jenis Makanan Yang Harus Dikonsumsi Penderita Wasir.


Sayur


Bagi penderita wasir, mengkonsumsi sayur yang kaya serat merupakan keharusan agar wasir yang diderita sembuh. Serat membuat lancar saat pembuangan karena serat bisa membuat feses kita lembut dan tidak keras saat dikeluarkan. Berikut sayur sayur yang baik bagi penderita wasir:

1. Brokoli
Sayuran hijau ini  memiliki kadar serat cukup lebih 0.9 gram per 100 gram brokoli tanpa lemak yang rendah sodium, kalori serta tinggi serat, vitamin C, potasium, B6 dan juga vitamin A yang baik bagi kesehatan.

2. Bayam
Bayam ini memiliki serat sebanyak 2.8 gr per 100 gram bayam yang dikonsumsi setiap harinya. Bayam juga mengandung kandungan asam folat dan asam oksalat dalam bayam membantu menurunkan kadar kolesterol.

3. Pare
Pare dapat merangsang sistem pencernaan dan herak peristaltik usus untuk mengekskresikan sisa-sisa makanan keluar dari tubuh. Sehingga pare dapat membantu mengurangi masalah pencernaan dan sembelit yang merupakan penyebab dari penyakit wasir.

4. Wortel
Wortel memiliki kandungan serat sekitar 4 gr per 100 gram. 

5. Seledri
Makanan untuk penderita wasir ini memiliki daun kecil dan imut ini mengandung kadar serat sebanyak 1.5 gram per 100 gr seledri.

6. Jagung
Setengah cangkir biji jagung mengandung 2 gram serat yang tentunya sangat berguna bagi tubuh.


Buah Buahan



Buah buahan juga wajib dikonsumsi penderita wasir. Tapi pilih juga buah yang mengandung serat cukup bagi tubuh diantaranya:

1. Jeruk
Jeruk merupakan buah untuk mengobati ambeien yang ampuh. Dalam satu buah jeruk ukuran sedang (154 gram) mengandung serat sebanyak 3 gram. Kandungan vitamin C, serat dan air pada buah ini sangat baik untuk pencernaan, utamanya dalam melembekkan feses.

2. Apel
Serat yang terkandung dalam satu buah apael utuh sekitar 4.4 gr serat dan baik dikonsumsi penderita wasir.

3. Pisang
Pisang dapat mengurangi sembelit karena dapat menormalkan fungsi usus besar dalam menyerap air. Buah pisang juga terkenal dengan kandungan seratnya yang tinggi. Nah, makan pisang menjadi solusi alami untuk mengatasi sembelit. Satu buah pisang ukuran sedang mengandung sekitar tiga gram serat.

4. Kurma
Khasiat kurma ada pada kandungan serat pangannya yang tinggi serta kemampuannya sebagai pencahar alami. Kandungan serat pangan kurma mencapai 6,7 gr per 100 gr, inilah yang membuatnya sangat baik untuk pencernaan.

5. Jambu Biji
Kandungan seratnya yang tinggi, sekitar 3 gr dari 100 gr buah jambu biji segar. Serat ini tentunya sangat baik untuk penderita ambeien untuk memperlancar pencernaan. Selain itu, kandungan vitamin C dan E nya dapat membantu penyembuhan dan regenerasi luka dari dalam.

6. Delima
Kandungan astringent alaminya dapat membantu mengurangi pembengkakan yang terjadi di anus, dalam setiap 100 gram saja mengandung serat sebanyak 4 gram.


Kacang Kacangan dan Biji Bijian



Ada banyak jenis kacang dan biji bijian bisa dikonsumsi saat wasir terjadi. Misalnya, kacang almond, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau,  kacang lentil, jagung dan edamame.  Semua  itu mengandung sejumlah serat yang baik bagi kesehatan wasir.

Dari seluruh makanan tersebut, Anda bisa mencoba beberapa kombinasi. Misalnya salad sayur dengan taburan kacang almond, gado-gado, roti gandum dengan selai kacang, salad buah, atau campuran oat dan kacang-kacangan atau pisang. Mengolah sayuran hijau juga jangan sampai merusak kandungan nutrisi di dalamnya, yaitu tidak memasaknya hingga warnanya memudar dan menggunakan lebih sedikit mentega.

Selain semua itu, mengkonsumsi yogurt, oat meal dan roti gandum juga sangat dianjurkan bagi penderita wasir. Dan yang paling penting selalu konsumsi air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi. Karena dehidrasi merupakan salah satu penyebab wasir juga.

Itulah beberapa makanan yang baik dikonsumsi bagi penderita wasir. Jaga selalu kesehatan anda dengan mengatur pola makan dan konsumsi makanan yang cukup serat.
Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

Artikel Lainnya:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar